Cara Memasang / Menghubungkan Domain ke Blog dari Niagahoster


Hallo teman-teman semuanya, kembali lagi nih di DXTrip Blog.

Pada kesempatan kali ini saya mau bahas tentang salah satu masalah yang sering di temukan di kalangan para blogger. Apalagi yang masih baru memulai di dunia blog atau yang biasa di sebut dengan orang awam.

Masalah yang sering ditemukan ini adalah biasanya yang mau meng-up-grade custom domainnya menjadi TLD atau Top Level Domain. Saya juga sempat kebingungan pada saat pertama kali membeli domain untuk blog yang saya kembangkan ini dan tidak tahu bagaimana cara memasang domainnya.

Buat teman-teman yang belum tau cara membeli domain untuk blognya, saya biasanya membeli domain di NiagaHoster karena menurut saya cukup murah dan bisa melakukan pembayaran di tempat toko retail seperti indomart dan alfa. Untuk yang berminat membeli domainnya, saya sudah membuat artikelnya Bagaimana Cara Membeli Domain.

Balik lagi ke pembahasan yang awal, di sini saya mau share bagaimana caranya memasang domain yang sudah kita beli dari NiagaHoster ke Blog kita. Yuk simak tutorialnya di bawah ini :

1. Langkah Pertama : Mendapatkan CNAME di BLOGSPOT

Masuk ke akun blogger anda dan langsung menuju menu setting.



Pada baris publishing, klik URL "+ Setup 3rd party URL for your blog" dan tambahkan nama domain anda dengan lengkap menggunakan www dan klik save


Jika ada pesan error 12 dan 32 maka abaikan saja, yang penting anda sudah mendapatkan CNAME 2 yang dibutuhkan untuk konfigurasi di Member Area.


2. Langkah Kedua :  Masukkan CNAME 2 Blogspot ke DNS Management Member Area

Pertama, login member area terlebih dahulu ke www.niagahoster.co.id >> kemudian pada kanan atas klik Member Area. Setelah itu masuk Member Area >> klik menu Hosting & Domain.


Kemudian pilih nama domain yang akan anda hubungkan ke blogspot, dan klik kelola seperti pada tampilan diatas.

Kemudian pada menu Kelola >> Klik DNS Management >> dan klik Custom Blogspot.



Jika sudah muncul seperti tampilan diatas, isikan domain sesuai dengan CNAME 2 yang sudah anda dapatkan pada langkah yang pertama. Kemudian klik save changes :


Apabila telah selesai, anda coba refresh kembali pengelola domain. Jika sudah berhasil, maka settingnya akan seperti dibawah ini :




3. Langkah ketiga :  Klik Save di Blogspot

Pada menu publishing, anda save kembali seperti gambar dibawah ini :


Kemudian tunggu hingga sistem dapat mengenali, biasanya ini memakan waktu sekitar satu hari (pengalaman saya sendiri).

Mungkin cukup sekian pertemuan pada kali ini, semoga ini dapat bermanfaat untuk teman-teman yang ingin memasang custom domain dari NiagaHoster.




Sumber: NiagaHoster

No comments:

Post a Comment