Cara Menghubungkan / Mengkoneksikan Database MySQL Menggunakan PHP





Hallo sobat semuanya! Kembali lagi nih dengan Atp Creative. Gimana kabar sobat kali ini? Semoga sobat semuanya sehat-sehat ya.

Pada kesempatan kali in saya mau share yang sudah lama saya tidak mempostingnya lagi, yap kali ini saya mau share untuk bahasa pemrograman yang sudah sangat lama tidak saya bahas kembali heheh.

Pada artikel kali ini saya ingin membahas bagaimana caranya menghubungkan atau mengkoneksikan database yang kita buat pada MySQL terhubung dengan website yang sudah kita buat.

Mungkin sobat sudah ada yang tahu tentang bagaimana caranya menghubungkan database ke website kita, tapi tidak salahnya juga kan saya memberi tahukan bagaimana caranya hehehe.

Oke untuk menghubungkan database yang sudah kita buat sebelumnya, alangkah baiknya kita nyalakan terlebih dahulu server yang dibutuhkan. Saat ini saya menggunakan aplikasi XAMPP yang dimana server yang dipakai adalah MySQL dan Apache. 

Jika sobat sudah menghidupkan servernya, silahkan buka aplikasi untuk mengelola webnya seperti :

1. Sublime
2. Notepad ++
3. Dreamweaver
4. Dan Lain-Lain

Lalu buat file baru dengan format "koneksi.php" dengan sintaks seperti dibawah ini :


<?php 
// Isi nama host, username mysql, dan password mysql sobat
mysql_connect("localhost","root","xxx");

// Isi dengan nama database yang akan di hubungkan
mysql_select_db("nama_databasenya");
?>

Lalu save, dan coba buka filenya menggunakan browser. Jika tidak ada error atau pesan yang aneh, maka database sudah bisa terkoneksi dengan website yang sudah kita buat.

Mungkin hanya segitu yang bisa saya sampaikan, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan sobat untuk komentar dibawah ya. Jika ada waktu akan saya balas secepatnya, dan jangan lupa juga untuk terus berkunjung ke Atp Creative.

2 comments :