Tugas 4 Metode Perancangan Program : Membuat Pseudocode, Flowchart, dan Program


Hello Blogger, pada kesempatan kali ini saya akan membahas untuk tugas kuliah saya dan saya ingin share kepada teman-teman semua.

Tugas ini di suruh untuk membuat sebuah Pseudocode, Flowchart, dan juga programnya yang dimana soalnya sudah di tentukan dari kampus. Kebetulan saya sudah mengerjakan untuk soal-soalnya, dan mungkin ini bisa jadi soal yang sama dengan teman-teman.

Untuk itu saya akan share tugas harian yang sudah di kerjakan ini, dan berikut adalah contoh soalnya :

Buatlah Pseudocode, flowchart dan program untuk membuat tampilan berikut :

  • 0 + 3 + 8 + 15 + . . . . . . . . . . . . . . + suku ke-10 =
  • 1 - 1/3 - 1/5 - 1/7 - 1/9 - . . . . . . . . + suku ke-10 =
  • Menghitung Nilai Variant = (∑ x2 – (∑x)2 / N)/(N-1)

Itu adalah soal yang sudah saya kerjakan, dan ada beberapa yang masih belum sepenuhnya di jawab, jadi kita teman-teman ada yang bisa membantu maka silahkan tinggalkan komentar saja di bawah. 

Dan berikut adalah jawab dari soal nomor satu terlebih dahulu :

1. Pseudocode

Deklarasi :

       Input banyak suku, suku awal, suku beda

Deskripsi :

     Proses : for(i=0; i<n; i++)
                  
                   Cout<<a+(i*b+(i*i-i))<<endl;


- Definisi Masalah

Input : Jumlah bilangan
Output : 4 Deret bilangan hasil penjumlahan dari setiap bilangan yang di lalui
Proses : Jika i<=I jumlah bilangan. Lakukan langkah berikut 

               Cetak a
               i = i + 2
               a = a + i

 Flowchart :


Program :


#include <iostream>
#include <conio.h>

class aritmatika{
public:
void input();
void proses();
int a,b,n,i,hasil;
};
void aritmatika::input(){
cout<<"Masukan Banyak suku :"<<endl;
cin>>n;
cout<<"Masukan Suku Awal :"<<endl;
cin>>a;
cout<<"Masukan Beda :"<<endl;
cin>>b;
cout<<endl;
}
void aritmatika::proses(){
for(i=0;i<n;i++)
cout<<a+(i*b+(i*i-i))<<endl;
}
int main(int argc, char *argv[])
{
aritmatika deret;
deret.input();
deret.proses();
getch();
return 0;

}

Lalu selanjutnya adalah untuk soal nomor 2 dan 3 saya masih belum mengerjakannya, mungkin ada dari teman-teman yang sudah mengerjakan, mungkin bisa membantu sobat yang lainnya yang sedang mencari jawabannya.

Mungkin hanya itu yang bisa saya share untuk kali ini, dan semoga ini bisa bermanfaat buat teman-teman.

No comments:

Post a Comment